Selasa, 27 November 2012

Jamur Akar Putih Pada Singkong

 HATI- HATI TERHADAP SERANGAN JAMUR AKAR PUTIH PADA SINGKONG !!!!!!!

 

Penyakit yang sering menyerang tanaman singkong adalah jamur akar putih. Pada serangan berat, bisa melululantakkan pertanaman singkong. 
Jamur akar putih menyerang pertanaman singkong terutama pada lahan pertanaman bekas tanaman karet maupun pada lahan- lahan yang sering di tanami singkong.
Pada lahan yang sering ditanami singkong, pada saat panen sering umbi singkong tertinggal di dalam tanah. Umbi singkong ini akan menjadi busuk dan menjadi tempat berkembangnya jamur akar putih.


Selain hal tersebut di atas, pemakaian pupuk kandang yang belum matang atau belum terfermentasi secara sempurna,dapat menjadi tempat berkembangnya jamur akar putih. 

Tanda - tanda tanaman singkong yang terserang jamur akar putih antara lain: pertumbuhan tanaman merana, daun kuning dan berguguran, pertumbuhan vegetatifnya relatif berhenti, dan disekitar pangkal batang terdapat benang- benang putih yang merupakan miselium jamur akar putih. Apabila dicabut terdapat umbi yang mulai membusuk.

Dengan demikian untuk penanaman singkong sambung yang diharuskan menggunakan pupuk organik dengan jumlah yang cukup banyak, harus menggunakan pupuk organik yang sudah matang sempurna.


Untuk mengatasi jamur akar putih pada tanaman singkong juga dapat digunakan untuk tanaman- tanaman lainnya, AOS Farm mengeluarkan produk Super Bokashi cair  AOS Amino

Kandungan  AOS Amino adalah  unsur hara makro dan mikro secara seimbang dan juga 19 Asam amino serta ZPT, dan yang utama dilengkapi dengan mikrobia baik, yang melindungi tanaman dari serangan penyakit.
Dengan kandungan yang lengkap dan seimbang ini maka tanaman lebih kuat menghadapi serangan penyakit.


Cara Aplikasi:


2 liter Super Bokashi Cair AOS di larutkan dengan 100 liter air bersih dan sisemprotkan di batang tanaman dan disekitar daerah perakaran.
Aplikasi Super Bokashi Cair AOS dilakukan 2 kali yaitu setelah penebaran pupuk organik dan pada saat tanaman berumur 4 bulan.

Untuk mendapatkan Super Bokashi Cair AOS Amino  dan juga untuk mengatasi serangan jamur akar putih pada singkong,  silahkan SMS ke  AOS Farm di0813 7591 1295

Tidak ada komentar:

Posting Komentar